ANALYSIS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING SKILLS IN HOTS TASKS BASED ON TOLAKI MEKONGGA LOCAL WISDOM
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(3) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Arikunto, S. (2022). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria, VA: ASCD.
Chabibah, N., Rahayu, T., & Suryani, L. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 101–111. https://doi.org/10.26714/jpm.13.2.2019.101-111
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Fitriyah, A., Maimunah, M., & Yuliana, R. (2024). Pembelajaran berbasis etnomatematika untuk menumbuhkan karakter dan kecintaan terhadap budaya lokal. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 115–126. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.5025
Gultom, E. M., Simbolon, E., & Sinaga, B. (2020). The integration of local culture in mathematics learning to improve students’ character and learning motivation. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1), 012061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012061
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Panduan implementasi pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Khasanah, R. U., Prahmana, R. C. I., Adiputra, D., & Arnal-Palacián, M. (2025). Integration of local culture in mathematics learning: An effort to improve students’ critical thinking skills. International Journal of Education and Learning, 5(2), 134–146. https://doi.org/10.31763/ijele.v5i2.4045
Khurriyati, L., Mardhiyah, L., & Sudirman, A. (2022). The challenges of developing HOTS-based learning instruments in mathematics education. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3867
Marlissa, L., Turmudi, T., Juandi, D., & Wahyudin, W. (2024). Etnomatematika dalam konteks budaya Papua untuk meningkatkan pemahaman geometri siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS), 12(2), 75–88. https://doi.org/10.33369/jpms.12.2.75-88
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (2nd ed.). Princeton, NJ: Princeton University Press.
Riyanto, A., & Kurniawan, D. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1123–1138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.4952
Rizky, A., Rahman, F., & Lestari, N. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 8(1), 22–34. https://doi.org/10.30998/jp2m.v8i1.11824
Setyawan, A., Utomo, Y., & Mardiana, D. (2018). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan gaya belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 102–115. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3445
Situmorang, D., Surya, E., & Hasibuan, R. (2021). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS), 9(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/jpms.9.2.88-97
Susanto, A. (2021). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.31327/jme.v10i2.2542
Article Metrics
Abstract view : 96 timespdf - 0 times PDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Tang, Sufri Mashuri, Ully Hidayati
![]() |




